Nahdlatul Ulama Dan Kehidupan Berbangsa

25 02 2010


Sebagai organisasi kemasyarakatan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari keseluruhan bangsa Indonesia, NU senantiasa menyatukan diri dengan perjuangan nasional bangsa. Secara sadar mengambil posisi yang aktif dalam proses perjuangan mencapai dan mempertahankan kemerdekaan serta aktif dalam penyusunan UUD 1945 dan perumusan Panca Sila sebagai dasar Negara.

Keberadaan NU yang senantiasa menyatukan diri dengan perjuangan bangsa menempatkan NU dan segenap warganya untuk senantiasa aktif mengambil bagian dalam pembangunan Bangsa untuk menuju masyarakat adil dan makmur yang diridlai ALLAH SWT karenanya warga NU harus menjadi warga Negara yang senantiasa menjunjung tinggi pancasila dan UUD 1945.

Sebagai organisasi keagamaan NU merupakan bagian tak terpisahkan dari umat Islam Indonesia yang senantiasa berusaha memegang teguh prinsip persaudaraan ( Al-Ukhuwah), toleransi ( AL-Tasamuh) kebersamaan dan hidup berdampingan, baik dengan sesame umat Islam maupun sesame warga Negara yang mempunyai keyakinan lain untuk bersama sama mewujudkan cita cita persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh dan dinamis. Sebagai organisasi yang mempunyai fungsi pendidikan< NU senantiasa berusaha secara sadar untuk mnciptakan warga Negara yang menyadari akan hak dan kewajibannya terhadap bangsa dan Negara.

NU sebagai jamiyah yang secara organisatoris tidak terkait dengan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan manapun juga.

Setiap warga NU adalah warga Negara yang mempunyai hak hak politik yang dilindungi oleh Undang Undang. Didalam menggunakan hak hak politiknya warga NU harus dilakukan secara bertanggung jawab sehingga dengan demikian dapat menumbuhkan sikap hidup yang demokratis konstitusional taat hukum dan mampu mengembangkan mekanisme musyawarah dan mufakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama.

Khittah NU inimerupakan landasan dan patokan patokan dasar yang mewujudkannya dengan seizing ALLAH SWT, terutama tergantung kepada semangat pemimpin dan warga NU. Jamiyah NU hanya akan memperoleh dan mencapai cita citanya jika pemimpin dan warganya benar benar meresapi dan mengamalkan khittah NU ini.*


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: