Ikhtiar Ikhtiar Yang Dilakukan Oleh NU

22 02 2010

Sejak berdirinya NU memilih bidang utama kegiatannya sebagai ikhtiar mewujudkan cita cita dan tujuan berdirinya, baik tujuan yang berupa keagamaan maupun kemasyarakatan.

Ikhtiar ikhtiar tersebut adalah :

Peningkatan silaturahmi/komunikasi antar Ulama. Dalam statuuten No 1926 di sebutkan :

Mengadakan perhoeboengan antara oelama oelama bermadzhab.

Peningkatan di bidang keilmuan /pengkajian /pendidikan :

Memeriksa kitab kitab sebeloemnya dipakai oetoek mengajar soepaya diketahoei apakah itoe daripada kitab kitab ahloessoennah wal jamaahataoe kitab kitab bid’ah

Peningkatan kegiatan penyiaran Islam pembangunan sarana sarana peribadatan dan pelayanan sosial disebutkan :

Menjiarkan Islam dengan djalan apa sadja yang halal memperhatikan hal hal yang berhoeboengan dengan masdjid masdjid soeraoe soeraoe dan pondok pondok begitoe djoega dengan hal ikhewalnja anak jatim dan orang orang fakir.

Peningkatan taraf hidup dan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan yang terarah disebutkan :

Mendirikan badan badan oentoek memadjoekan oeroesan pertanian perniagaan dan peroesahaan yjang tidak dilarang oleh sara’ agama Islam

Kegiatan kegiatan yang dipilih oleh NU pada awal berdiri dan khidmahnya menunjukkan pandangan dasar yang peka terhadap pentingnya terus menerus di bina hubungan dan komunikasi antara para ulama sebagai pimpinan masyarakat serta ada keprihatinan atas nasib manusia yang terjerat oleh keterbelakangan kebodohan dan kemiskinan. Sejak semula NU melihat ini sebagai bidang garapan yang harus segera dilaksanakan melalui kegiatan kegiatan yang nyata.

Pilihan akan ikhtiar yang dilakukan mendasari kegiatan NU dari masa kemasa dengan tujuan untuk melakukan perbaikan perubahan dan pembaharuan masyarakat terutama dengan mendorong swadaya masyarakat sendiri

NU sejak semula meyakini bahwa persatuan para ulama dan pengikutnya masalah pendidikan da’wah islamiyah kegiatan sosial serta perekonomian adalah masalah yang tidak bisa dipisahkan untuk merubah masyarakat yang maju sejahtera berakhlaq mulia

Pilihan kegiatan NU tersebut sekaligus menumbuhkan sikap partisipasi terhadap setiap usaha yang bertujuan membawa masyarakat kepada kehidupan yang maslahah. Setiap kegiatan NU untuk kemaslahatan manusia dipandang sebagai perwujudan amal ibadah yang didasarkan paham keagamaan yang dianutnya.

Dalam rangka melaksanakan ikhtiar ikhtiarnya NU membentuk organisasi yang mempunyai struktur tertentu yang berfungsi sebagai alat untuk melaksanakan koordinasi bagi tercapainya tujuan yang telah ditentukan baik tujuan yang bersifat keagamaan maupun kemasyarakatan.

Karena pada dasarnya NU adalah jamiyah diniyahyang membawa faham keagamaan maka paraulama sebagai mata rantai pembawa faham Ahlusunnah wal jamaah selalu ditempatkan sebagai pengelola, pengendali, pengawas dan bimbingan utama jalannya organisasi. Untuk melaksanakan kegiatan kegiatannya, NU menempatkan tenaga yang sesuai dengan bidangnya untuk menanganinya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: